Berisi Tentang Aktifitas Harian Saya, pengalaman, Pendidikan, Software, Bisnis Online, dan sebagainya.

Rabu, 13 Februari 2013

Pengertian, Penulisan Standart, dan Format Makalah Untuk Tugas Kuliah.

Hai Semua, Kembali saya menyapa kalian meski ditengah kesibukan saya. Banyak sekali aktivitas yang saya jalani bulan-bulan ini baik itu kegiatan formal maupun nonformal.

Kali ini saya akan membagikan Pengertian, Penulisan Standart, dan Format Makalah yang pastinya berguna bagi kita semua yang membutuhkan entah itu dari tuntutan sekolah maupun tugas yang sedang dikerjakan oleh individu masing-masing. Membuat makalah sangatlah melelahkan dan harus banyak sekali membaca
referensi atau sumber dari materi yang akan dijadikan makalah. Makalah sangat banyak dijumpai oleh para pelajar dan Mahasiswa sebagai tugas dari sekolah maupun pendidik.

Hampir semua orang kurang paham cara menulis makalah yang baik dan benar (dari pengalaman saya sendiri :) ). Ejaan yang selalu salah, Format pengetikan atau penulisan yang salah, dan sebagainya selalu membuat seseorang mengalami kebisingan saat membuat makalah.

Apa sih itu makalah? Makalah adalah sebuah karya akademis yang umumnya diterbitkan dalam suatu jurnal ilmiah. Makalah ini dapat berisi hasil penelitian orisinil atau berupa telaah dari hasil-hasil yang telah ada sebelumnya. Makalah seperti ini baru dapat dianggap valid setelah melalui proses peer review oleh satu atau beberapa pemeriksa (yang juga merupakan akademisi di bidang yang sama) dalam rangka untuk memeriksa isi makalah apakah telah sesuai untuk dipublikasikan di jurnal. Sebuah makalah dapat mengalami beberapa kali pemeriksaan dan revisi, sebelum akhirnya dapat diterima untuk publikasi. Hal ini dapat berlangsung hingga beberapa tahun, khususnya untuk jurnal penerbitan yang sangat populer.

Udah tahu kan Pengertian Makalah? Pasti udah tahu. Sekarang permasalahannya, Format Standartnya itu seperti apa sih? Menurut saya Format standart untuk sebuah Penulisan Makalah yaitu:
  1. Format tulisan yaitu Times New Rowman.
  2. Ukuran tulisan 12.
  3. Format kertas A4 ( tergantung permintaan)
  4. Batas kertas yaitu, Atas, Kanan, dan Bawah = 3 cm Sedangkan Batas Kiri = 4 cm
  5. Spasi 1,5
  6. Paragraf tipe Justify
Pengertian dan Penulisan Makalah sudah jelas, sekarang bagaimana dengan bagian-bagian Makalah? Menurut saya bagian-bagian makalah diurutkan seperti berikut:
  1. Judul Makalah. Judul makalah biasanya ditulis dengan format tipe center, dicetak tebal, Ukuran Font 14 atau 12.
  2. Pendahuluan. Bagian ini merupakan pengantar makalah. Diawali dengan bahasan yang umum lalu semakin menyempit menuju topik utama makalah.
  3. Isi.
  4. Penutup. Bagian ini merupakan Kesimpulan dari isi makalah. Bentuknya tidak terlalu panjang dan isi dari penutup harus benar-benar bisa menjawab pertanyaan dan hasil analisa dari makalah.
  5. Daftar Pusataka. Berisi sumber untuk sebuah makalah.
Sekian pemaparan dari Pengertian, Penulisan Standart, dan Format Makalah Untuk Tugas Kuliah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Sumber:
  1. http://id.wikipedia.org/wiki/Publikasi_ilmiah#Makalah_akademis [Di Akses pada 13 Februari 2013]
  2. http://www.anneahira.com/format-penulisan-makalah.htm  [Di Akses pada 13 Februari 2013]

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian, Penulisan Standart, dan Format Makalah Untuk Tugas Kuliah.

_